Cara Merawat Kacer Agar Cepat Gacor

Cara Merawat Kacer Agar Cepat Gacor dan Melatihnya Menjadi Fighter

Cara merawat kacer agar cepat gacor – Selain baca koran dan minum kopi, apalagi yang bikin kamu nyaman dan relaks di pagi hari? Suara kicau burung mungkin jawaban kamu.

Yap, suara merdu kicau burung bisa membuat pikiran kita menjadi tenang. Seakan kita berada di alam bebas yang jauh dari kebisingan.

Cara Merawat Kacer Agar Cepat Gacor

pixabay.com

Salah satu jenis burung yang memiliki kicauan yang merdu adalah burung Kacer atau Kucica kampung. Dalam bahasa inggrisnya Oriental magpie-robin.

Burung kacer mempunyai nama latin Copsychus saularis. Burung ini mempunyai ciri warna hitam dan putih dengan ekornya yang panjang. Saat sedang bertengger atau mencari makan di tanah, ekornya akan terangkat ke atas.

Populasinya banyak dijumpai di daerah Asia Tenggara dan Asia Selatan. Di indonesia sendiri, burung ini mulai langka yang disebabkan penangkapan yang berlebihan untuk dipelihara.

Itu tadi sekilas mengenai burung kacer atau kucica. Karena keindahan bentuknya dan kemerduanan suaranya. Burung ini banyak ditangkap untuk dijadikan hewan peliharaan.

Ada juga yang dijadikan sebagai burung aduan dalam lomba. Apapun tujuannya, tentu kita ingin burung kacer yang kita pelihara bisa gacor atau berkicau.

Lalu bagaimana caranya? Di sini saya akan membahas perawatan burung kacer biar cepat gacor.

Cara Merawat Kacer Agar Cepat Gacor

1. Mengenali Karakter Burung Kacer

Sebelum melakukan perawatan kacer lebih jauh, sebaiknya kamu tahu dulu karakter dari burung kacer. Karena dengan mengetahui karakternya, proses perawatan akan lebih mudah dilakukan.

Burung kacer mempunyai sifat fighter secara alami. Contoh nya ketika mendengar burung sejenis berkicau, maka secara naluri akan membalas kicaunnya.Bahkan jika bertemu secara langsung, sering kali mereka berkelahi secara fisik.

Itu adalah sifat umum alami dari burung kacer. Namun tidak semua kacer mempunyai karakter yang sama. Ada kacer yang mempunyai dasar suara keras, lagu dan nafas panjang. Ada yang suaranya jernih dan ada pula suara kicau kacer yang terdengar serak.

Ini bisa disebabkan oleh faktor genetik dan non genetik. Faktor non genetik contohnya pola perawatan, kualitas pakan, lingkungan dan sebagainya.

Nah sudah tahukan bagaimana karakter dari burung kacer ini. Sekarang saatnya kita melakukan perawatan.

2. Perawatan Harian

Latih dan biasakan kacer muda dengan memberi extra fodding (EF) standar. Misalkan memberi makan jangkrik 5 ekor pagi dan sore.

Burung kacer juga harus dilatih mandi. Saat memandikan, biasakan burung mandi di di dalam karamba. Ini bertujuan agar burung terlatih, maka ketika melihat karamba dan pintunya terbuka, burung kacer akan langsung pindah dari sangkar ke karamba.

Begitu juga sebaliknya, jika selesai mandi maka akan kembali ke kandang. Latihan ini bisa dilakukan kepada kacer muda maupun yang sudah jadi tapi belum terbiasa mandi di karamba.

Latihan mandi ini sendiri nantinya sangat memudahkan dalam perawatan selanjutnya.

Tahap selanjutnya, biasakan burung kacer dalam keadaan dikerodong. Tujuannya agar burung tidak stress jika di bawa ke luar misalnya ke perlombaan. Selain itu juga untuk menghindari tatapan burung sejenis saat perlombaan.

Dengan selalu dibiasakan dikerodong juga, kacer akan memahami bahwa ketika dikerodong berarti sudah saatnya dia istirahat. Burung akan beristirahat ketika kondisi di sekitar gelap, meskipun sebenarnya masih terang.

cara merawat kacer agar gacor

Kerodong burung kacer | http://www.juarakicau.com

Untuk kerodong ukurannya bisa disesuaikan tergantung dari karakter burung kacer itu sendiri. Ada yang tebal, tipis dan juga ada yang dobel.

Jika perawatan harian dilakukan dengan tepat dan konsisten, dan diberi pakan yang berkualitas, maka bisa membuat kondisi fisiknya fit. Kacer yang fit bisa diamati secara kasat mata, misal aktif bergerak, aktif berkicau dan bulu-bulunya mengkilap.

cara agar kacer gacor

burunghobi.com

Lalu burung yang nafsu makannya tinggi juga menjadi salah satu indikator kalau dia sedang berada dalam kondisi fit dan sehat.

Namun jika yang terjadi malah sebaliknya, bulu-bulu kusam, jarang bergerak dan berkicau. Pasti ada yang salah dalam perawatan hariannya atau kurang pas asupan nutrisinya. Jika ini terjadi, tambahkan sedikit kroto dalam beberapa minggu.

Setelah itu, hal yang tak kalah penting adalah selalu membawa burung kacer ke alam terbuka, seperti hutan. Atau dengan membuat suasana di sekitar rumah layaknya alam bebas.

Jauhkan juga hewan pengganggu seperti kucing, anjing, tikus dan lain sebagainya.

Itu dia perawatan harian agar burung kacer bisa gacor. Lakukan hal itu secara rutin dan terjadwal.

Melatih Burung Kacer Agar Bermental Baja

maraewat kacer agar gacor

http://www.juarakicau.com

Setelah perawatan harian dilakukan secara rutin. Sekarang saatnya kita melatih agar burung kacer yang kita pelihara memiliki mental baja. Dalam artian kacer akan terus berkicau dalam kondisi apapun.

Kadang kala kacer akan down jika melihat tatapan mata kacer lain. Sehingga dia tidak mau bergerak apalagi berkicau.

Ada dua cara agar kacer yang kita pelihara memiliki karaketer fighter, yaitu:

1. Lakukan Gathering/Pertemuan dengan Kacer lain

cara agar burung kacer gacor

Sesekali pertemukan kacer dengan kacer lain | omkicau.com

Dengan melakukan pertemuan semacam ini, kacer akan terbiasa dengan suasana ramai dan akan membentuk mental petarung. Meski awalnya bukan untuk di lombakan, meainkan ditrek dengan kacer lain.

Selain itu, dengan melakukan pertemuan semacam ini, kita bisa tahu kualitas suara kacer kita. Apakah sudah keras dan merdu atau malah sebaliknya. Kalau belum, berarti perawatan hariannya perlu ditingkatkan.

Dari yang tadinya memberi makan 5 jangrik pada pagi dan sore, kini ditingkatkan menjadi 7-8 jangkrik.

Namun perlu diperhatikan juga kualitas jangkriknya. Berikan jangkrik yang segar dan bagus. Sebaiknya jangan langsung memberikan jangkrik yang kita beli, tapi dikarantina dulu sembari diberi makan wortel dan sayuran bersih.

Jangan hanya jangkrik saja tapi tambahkan menu lain seperti kroto dan ulat hongkong agar kacer semakin fighter. Memang perlu trial dan error agar bisa mendapatkan komposisi yang pas.

Karena biasanya pemilik lebih memahami karakter kacer daripada hanya sekedar teori belaka.

2. Temukan Setelan Terbaik Anda

cara agar kacer cepat gacor

Temukan setelan terbaik kacer kamu | youtube.com

Untuk setelan lomba, sebenarnya tergantung dari kamu sendiri. Namun ada beberapa tips yang mungkin bisa dipakai agar kecer kamu semakin fight.

Yang pertama adalah dengan mengecas kacer kamu dengan sang betina. Cara ini bisa dilakukan sebelum lomba dimulai. Cara ini bisa diterapkan jika setelah dengan metode Extra Food belum bisa mengangkat birahi burung kacer.

Maka dari itu, tidak ada salahnya kamu memelihara juga kacer betina. Sebab ada banyak kasus, kacer jantan baru mau berkicau jika sudah dipancing birahinya dengan keberadaan betina.

Selain dengan betina, untuk membangkitkan birahi kacer juga bisa dengan burung-burung kecil seperti gelatik. Atau dengan burung sejenis yang kualitas suaranya jelek. Ini dimaksudkan agar burung kamu menjadi percaya diri melakukan aksi gacor terbaiknya.

Itu tadi artikel mengenai cara merawat kacer agar cepat gacor. Semoga bisa diambil manfaatnya . dan jangan sungkan untuk memberikan komentar di bawah.

loading...
Bacaan Lainnya
1 reply

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Berikan Komentar