ambil hikmahnya dan jalan terus

Dari Jualan Fried Chicken ke Jualan Laptop

loading...
life must go onn

Hidup Harus Terus Berjalan | sungic.com

Kalau kamu sudah membaca cerita saya yang berjudul pengalam bisnis jualan roti keliling. Mungkin kamu penasaran tentang apa yang selanjutnya saya lakukan. Nah, artikel ini adalah lanjutan dari cerita kebangkrtutan itu. So stay tune gan.

Setelah kejadian itu, saya seperti kehilangan ide dan semangat hidup. Setiap hari kerjaannya cuma bangun, makan, main dan tidur lagi. Dan itu berlangsung hampir selama 6 bulan.

Melamar Kerja via Internet

melamar kerja via internet

laria.org.uk

Rasa bosan dan tekanan dari orang tua yang selalu ingin melihat saya bekerja, membuat otak saya terus dan terus berfikir. Untuk memulai usaha lagi sepertinya masih ada rasa takut dan trauma. Saya pun mencari alternative lain, yaitu dengan mencari lowongan kerja.

Dengan modal HP Sony Ericsson Vivaz Pro, saya mulai mencari-cari info lowongan kerja di internet. Saat itu pekerjaan yang saya inginkan adalah menjadi pegawai kantoran. Berbagai situs dan dan forum-forum saya jelajahi. Namun kebanyakan mereka mencari calon pegawai yang minimal adalah sarjana dan fresh graduated.

Karena semakin stress dan tidak tahu lagi harus mencari kerja dimana, saya mengubah haluan dalam menentukan jenis pekerjaan yang saya cari. Dalam benak saya saat itu, saya mau kerja apa saja yang penting halal, dapat makan, dan dapat tempat tinggal (kost).

Akhirnya saya menemukan sebuah info lowongan kerja di Kaskus sebagai pedagang fried chicken. Kriterianya pas sekali dengan yang saya inginkan. Makan dan tidur gratis.

Tanpa pikir panjang saya langsung kontak pengiklannya dan diterima.

Modal Nekat dan Sebuah Harapan

Harapan selalu ada

hopeoptimism.com

Dengan uang 200 ribu di kantong, saya berangkat ke Jakarta (lagi). Berangkat dari rumah jam 4 sore menggunakan bus dan sampai di sana pukul 5 pagi. Sisa uang di kantong tinggal 130 ribu, karena sudah dikurangi untuk beli tiket.

Paginya sekitar jam 7 saya berangkat menuju ke tempat kerja saya. Ternyata yang punya adalah orang Chinese. Ternyata juga saya bukan satu-satunya pelamar, ada satu orang dari Magelang yang sudah lebih dulu melamar dan sudah lebih dulu datang Namanya Albert. Dia juga dapat info yang sama dari Kaskus.

Siangnya saya diajak ke lapak yang akan menjadi tempat jualan saya dan Albert. Letaknya di bawah area sekitaran apartemen Gading Nias, Kelapa Gading, Jakarta Utara.

Mulai Bekerja

finance.detik.com

finance.detik.com

Besoknya saya dan Albert langsung mulai bekerja sebagai pedagang. Produk yang kami jual ada dua jenis, yaitu Fried Chicken dan Lele yang digoreng dengan tepung, sehingga brandnya dinamakan d’Chile. Kami di target untuk menjual 50 potong chicken/lele dalam satu hari.

Sebenarnya kami belum diterima sepenuhnya, kami harus menjalani training selama dua minggu. Setelah itu kalau penjualannya bagus, baru kita diterima secara penuh. Namun belum genap dua mingg, saya merasa kerjaan ini tidak cocok dengan saya.

Sambil kerja, iseng-iseng cari info lowongan lain di Kaskus. Ketemu saat itu toko onlne laptop dan gadget KliknKik yang membuka lowongan untuk bagian sales di Mangga Dua. Saya mencoba bertanya lewat nomor yang dicantumkan di iklan itu. Besoknya langsung dipanggil untuk melakukan tes wawancara.

Tanpa saya duga, saya diterima di toko itu dan akan di tempatkan di Mall Ambasador, Kuningan, Jakarta Selatan. Saya keluar dari kerjaan dan mengambil kesempatan di KliknKlik.com.

kliknklik.com

kliknklik.com

Singkat cerita, mulailah saya bekerja di situ. Namun hanya bertahan satu bulan. Saya dipecat tanpa sebab yang jelas. Lalu saya pindah ke toko laptop lain yang khusus menjualmproduk Asus. Nama tokonya Prince com. Di toko ini para karyawannya welcome pada karyawan baru seperti saya.

Prince Computer | plus.google.com

Prince Computer | plus.google.com

Di sini pula saya banyak belajar tentang software, hardware dan instalasi operating system. Hampir dua tahun saya bekerja di sini dan akhirnya memutuskan resign pada bulan maret 2016.

Ambil Hikmahnya

ambil hikmahnya dan jalan terus

www.shutterstock.com

Dari pengalaman itu saya selalu mengambil hikmahnya bahwa jika kamu dalam kesulitan maka bergeraklah. Bergerak dalam artian, berusaha mencari solusi dari masalah yang dihadapi, bukan malah mengurung diri dan meratapi masalah-masalah yang kita punya.

Bacaan Lainnya
loading...
0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Berikan Komentar