Pintu Masuk Pulau Ayer

Outing ke Pulau Ayer, Salah Satu Destinasi Wisata di Kepulauan Seribu

Pintu Masuk Pulau Ayer | ngapak.net

Pulau Ayer merupakan sebuah resort di kawasan Kepulauan Seribu, Jakarta. Untuk sampai kesana, diperlukan waktu sekitar 30 menit dari Marina Ancol Jakarta menggunakan speedboat. Yang terkenal dari resort ini adalah rumah-rumah kayunya yang mengapung diatas air.

Selain itu fasilitas-fasilitas yang ada di resort ini juga cukup lengkap. Kamar mandi luas beserta air hangat, kolam renang, TV kabel, telepon, dan tempat karaoke.

Pengalaman liburan ke pulau Ayer saya dapat ketika masih bekerja di Jakarta. Saat itu perusahaan mengadakan outing untuk para karyawannya. Acara outing ini diadakan setiap setahun sekali sebagai kegiatan rutin perusahaan.

Berangkat Menuju Ancol

Dari Mampang Prapatan saya berangkat menggunakan busway menuju Ancol. Disana sudah ditunggu teman-teman yang jumlahnya sekitar 40 orang. Setelah semuanya berkumpul sekitar pukul 8 pagi, kami langsung menuju pelabuhan Marina Ancol. Di sana sudah ada dua speedboat yang siap mengantar kami ke Pulau Ayer.

Setengah jam kemudian kami sampai ke tujuan. Kami langsung disambut dengan minuman dingin khas pantai. Segar rasanya setelah tadi kepanasan di kapal.

pulau ayer

baru sampai di Pulau Ayer | Ngapak.net

Selesai menikmati minuman dingin, kami bergegas menuju kamar yang sebelumnya telah dibagi. Satu kamar berisi 5 orang. Badan yang lengket karena keringat langsung saya basuh dengan air hangat. Baru kali ini saya mandi air hangat pakai shower 😀 .

Sore harinya, dipandu oleh seorang MC kami memulai kegiatan. Diawali dengan doa dilanjutkan dengan games-games ringan namun menghibur. Kami tertawa bersama melupakan segala urusan dan penat di kepala. Hiruk pikuk kota Jakarta seakan hilang.

Keseruan-keseruan yang kami lakukan bisa dilihat pada foto-foto berikut ini.

MC sedang memandu acara| ngapak.net

kegiatan outing

Bermain Games | ngapak.net

Kami dibagi menjadi 4 kelompok untuk menyelsaikan beberapa games. Setiap kelompok akan bersaing untuk mendapatkan poin. Poin-poin tersebut akan dikumpulkan oleh panitia. Kelompok yang mendapatkan poin terbanyak akan dinyatakan sebagai pemenang.

bermain games ringan

ngapak.net

Semua tim nampaknya memiliki selisih poin yang tidak begitu jauh. Dengan begitu permainan akan dilanjutkan pada malam harinya untuk menentukan juaranya.

Jam 5 sore, permainan pertama sudah selesai dan akan dilanjutkan dengan permainan kedua pada malam harinya. Lelah bermain, kami beristirahat sebentar sambil menikmati pemandangan laut di Pulau Ayer.

Makan Malam Dulu

Setelah rasa capek hilang ditambah dengan guyuran air hangat, akhirnya acara yang paling menyenangkan tiba, makan 😀 . Makan malam ini begitu berbeda. Berbagai hidangan lezat dipadukan dengan suasana malam pantai membuat kami seakan berada di surga ( lebay 😀 ).

menunya begitu menggoda | ngapak.net

makan malam di pulau ayer

makan malam | ngapak.net

ngapak.net

Setelah santap malam selesai, kegiatan dilanjutkan dengan permainan teralhir untuk menentukan pemenang. Disisni menurutku yang paling seru dan lucu. Masing-masing tim akan memberikan yang terbaik untuk bersaing mendapatkan poin tertinggi.

Permaiannya yaitu salah satu dari masing-masing tim akan didandani menjadi seorang puteri pantai. Setelah itu, peserta akan berjalan berkeliling layaknya seorang model top.

Aspek yang dinilai untuk mendapatkan poin tertinggi antara lain, dekorasi, kreativitas dan cara berjalan dari sang model tersebut.

teman dari tim saya yang akan didandani | ngapak.net

peserta dari tim lain | ngapak.net

Setelah semua model menunjukan bakatnya menjadi seorang catwalking. Kini saatnya penilaian oleh dewan juri. Skip, skip, skip… Akhirnya tim kami yang mendapatkan poin tertinggi dan menjadi pemenangnya.

Ini berkat teman saya yang tampil totalitas untuk menjadi layaknya seorang model profesional.

Permaianan telah usai, acaranya selanjutnya bebas sampai pagi. Dari kami ada yang sewa karaoke, bermain di pinggir pantai dan ada pula yang memilih tidur termasuk saya.

Paginya sebelum pulang, kami menyempatkan diri untuk berenang dan sarapan. Sekitar pukul sebelas, dua speedboat datang untuk membawa kami kembali ke Marina Ancol.

Waktu yang kami habiskan untuk liburan memang tidak lama, namun kenangannya akan terus kami ingat hingga tua.