manfaat minum air putih

10 Manfaat Minum Air Putih Bagi Kesehatan Tubuh

manfaat minum air putih

infokitauntukkita.blogspot.com

Pernahkan kamu berfikir bahwa minum air putih mempunyai manfaat yang sangat banyak? Ya, air putih mempunyai banyak sekali manfaatnya. Air putih bisa dianjurkan untuk diminum pagi hari atau setelah bangun tidur dan setelah makan.

Air putih sebaiknya dikonsumsi minimal 8 gelas sehari atau lebih banyak lebih baik. Tidak ada efek samping jika meminum terlalu banyak. Tidak semua orang tau bahwa air putih sangat banyak sekali khasiatnya bahkan tidak ada sama sekali efek sampingnya jika air tersebut bersih.

Air putih adalah zat mineral murni tanpa efek samping, satu – satunya yang ada di bumi. Tidak heran jika para ahli kesehatan menganjurkan kita untuk meminumnya, tidak seperti kopi, teh, atau minuman lainnya.

Berikut ini adalah 10 manfaat minum air putih :

1. Menambah energi

Pernahkan anda merasa lelah setelah bermain sepak bola, voli, atau berolah raga lainnya? Sejatinya pada waktu berolahraga tubuh kita mengeluarkan banyak keringat. Keringat tersebut adalah cairan dari dalam tubuh kita, oleh karena itu dengan meminum air putih cairan tersebut akan terganti dan tubuh kita tidak akan dehidrasi.

2. Membantu mengeluarkan racun

Endapan racun pada organ tubuh kita sangatlah berbahaya. Racun biasanya mengendap pada lambung, usus, dan organ lainnya. Dengan meminum air putih banyak endapan racun tersebut dapat hanyut bersama dengan air. Kemudian air racun akan dikeluarkan bersamaan dengan urine. Jika kita memunimum air putih banyak maka kinerja organ tubuh kita akan menjadi lebih baik.

3. Untuk menjaga berat badan

www.stopnarkoba.com

www.stopnarkoba.com

Air putih sangat bagus untuk menjaga berat badan. Meminum air putih yang banyak tidak membuat badan menjadi gemuk dan bagi orang kurus air putih tidak mengurangi berat badan.

4. Menyehatkan kulit

menjaga kesehatan kulit

beritasehat.com

Memiminum air putih yang banyak dapat menambah cairan dalam tubuh kita. Sebagian cairan ini akan keluar melalui pori – pori kulit dengan membawa racun dan kotoran dalam kulit.

5. Berguna bagi penderita diabetes

air putih untuk mencegah diabetes

caricom.org

Air putih tanpa rasa sangat baik untuk penderita diabetes, karena air putih dapat menghanyutkan kadar gula dalam darah.

6. Membantu melancarkan pencernaan

manfaat air putih untuk melancarkan pencernaan

kampoengilmu.com

Jika kita sedang memakan nasi atau makanan yang keras kita diharuskan meminum air putih supaya makanan tersebut mudah untuk dihancurkan. Selain itu air putih juga dapat membangkitkan enzim – enzim dalam lambung agar bekerja dengan baik

7. Penghilang dehidrasi dan haus

tips-sb.blogspot.com

tips-sb.blogspot.com

Manfaat minum air putih selanjutnya adalah untuk mencegah dehidrasi. Bisa kita bayangkan jika tubuh kita kekuangan air putih. Tubuh akan merasa lemas dan lesu, karena pasokan air yang berkurang.

8. Mejaga keseimbangan cairan di dalam tubuh kita

Seperti yang kita tahu, kebutuhan cairan di dalam tubuh kita mencapai 80%. Dengan selalu minum air putih, maka akan berfungsi mempertahankan keseimbangan cairan tubuh.

9. Meningkatkan fungsi otak

fungsi air putih

www.gopego.com

Dengan selalu minum minimal 2 liter air setiap hari, maka akan meningkatkan kinerja dan konsentrasi otak kita.

10. Menjaga fungsi ginjal

manfaat air putih bagi ginjal

obatgagalginjal.net

Salah satu fungsi utama ginjal adalah menyaring darah kotor dan mengeluarkan cairan berlebih.  Untuk memproses semua itu, dibutuhkan cairan yang tidak bisa diproduksi oleh tubuh. Maka salahsatu solusinya adalah dengan selalu minum air putih setiap hari.

Itu adalah 10 manfaat minum air putih untuk proses metabolisme tubuh. Bisa kita bayagkan kalau tubuh kita tidak ada cairan. Bukan hanya untuk manusia, untuk tunbuhan, hewan dan semua makhluk hidup di dunia ini pasti kebutuhan yang paling besar adalah air.

Jadi kita harus minum air minimal 2 liter setiap hari, agar tubuh kita tetap fit dan berjalan sebagai mana mestinya.

Bacaan Lainnya
0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Berikan Komentar