Syarat Perpanjang SKCK

Syarat Perpanjang SKCK, Prosedur dan Biayanya

Syarat perpanjang SKCK – Sebelumnya saya telah menulis syarat membuat SKCK. Seperti yang teman-teman tahu, bahwa masa berlaku SKCK itu hanya 6 bulan dimulai dari tanggal terbit. Namun SKCK ini bisa diperpanjang hingga 6 bulan lagi kedepan.

Bagaimana caranya, apa saja syarat yang perlu dipersiapkan dan berapa biaya yang dibutuhkan untuk memperpanjang SKCK? Kali ini saya akan membahasnya secara lengkap.

Sebelumnya mungkin masih banyak yang menganggap kalau memperpanjang SKCK itu ribet, berbelit-belit, harus ini-itu dan lain sebagainya. Tapi, percayalah mengurus SKCK untuk diperpanjang tidak serumit rumus matematika 😀


Cara Memperpanjang SKCK


Cara Perpanjang SKCK

ardilas.com

Ada dua kemungkinan seseorang melakukan perpanjangan SKCK, yang pertama kemungkinan SKCK yang ada sudah kadaluarsa atau umurnya sudah lebih dari satu tahun setelah habis masa berlaku SKCK.

Yang kedua, SKCK belum kadaluarsa namun masa berlakunya sudah habis. Dari kedua kemungkinan tersebut tidak ada perbedaan baik persyaratan maupun prosedur untuk memperpanjangnya.

Baca : 7 Contoh Surat Lamaran Kerja Terbaru 2017


Syarat Perpanjang SKCK dan Prosedurnya


Syarat Perpanjang SKCK dan Prosedurnya

http://skck.sumsel.polri.go.id/

Untuk memperpanjang SKCK, berkas yang dibutuhkan hampir sama ketika kita hendak membuat SKCK baru. Hanya ada beberapa perbedaan. Lebih jelasnya bisa lihat di bawah:

  • Siapkan SKCK lama yang asli. Jika yang asli sudah hilang maka bisa diganti dengan salinannya yang sudah dilegalisir. SKCK yang bisa diperpanjang adalah yang masa habisnya maksimal satu tahun. Lebih dari itu harus buat yang baru
  • Siapkan kartu identitas (KTP/SIM) yang masih valid.
  • Siapkan Foto Copy Kartu Keluarga (KK).
  • Siapkan Foto Copy Akta Kelahiran
  • Siapkan pas photo terbaru ukuran 4×6 sebanyak tiga lembar (foto harus berwarna).

* Biasanya setiap daerah berebeda-beda

Setelah semuanya terkumpul, sekarang waktunya ke kantor Polres/Polda dengan membawa dokumen tersebut. Serahkan ke bagian loket, lalu isi formulir perpanjangan SKCK yang diberikan petugas.

Syarat Perpanjang SKCK terbaru

Setelah terisi semua, serahkan kembali ke petugas dengan membayar Rp.10.000; dan tunggu hingga SKCK jadi. Jangan lupa untuk memperbanyak  SKCK tersebut dan minta legalisir kepada petugas.

*****

Seperti yang tadi saya bilang, untuk perpanjang SKCK itu mudah, asal kita mau bertanya. Karena ada pepatah bilang “Malu bertanya sesat di jalan”.

Note: Sebagai informasi tambahan, SKCK merupakan salah satu dokumen penting. Karena dengan SKCK bisa menjamin bahwa kamu tidak pernah atau sedang terlibat tindak pidana yang melanggar hukum.

Tulisan

loading...
Bacaan Lainnya
4 replies
  1. Anas
    Anas says:

    Terakhir saya membuat skck tahun 2003,klo sekarang saya mau urus lagi,, itu jatuhnya saya memperpanjang ato buat baru? Terimakasih ngapak.net

    Reply

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Berikan Komentar